PTS & PAT SEMESTER II 

TAHUN AJARAN 2021/2022

DEPOK, BCI News– Pada tanggal 4-11 Maret 2022 SMP Budi Cendekia Islamic School menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara bersama-sama. 

PTS Genap dilaksanakan oleh siswa kelas 7 dan 8. Sedangkan PAT dilaksanakan oleh siswa kelas 8 Alexandria dan siswa kelas 9 yang in syaa Allah akan lulus pada tahun ajaran ini. PTS Genap dan PAT sebagai penialai sumatif merupakan bagian dari proses evaluasi peserta didik yang diukur secara berkala. Penilaian dalam pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajaran.  Penilaian juga membantu guru pengajar untuk melihat tingkat pencapaian belajar peserta didik dan melakukan perbaikan dalam efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, penilaian mempunyai peranan penting dalam pendidikan.

Melihat urgensi penilaian dalam pendidikan, tidak heran apabila penilaian dilaksanakan tidak hanya satu kali selama proses belajar-mengajar. Di tengah pandemi yang masih melanda kini, terdapat total 337 siswa SMP Budi Cendekia Islamic School yang tetap melaksanakan penilaian PTS maupun PAT secara daring (online) yang terintegrasi dengan OWL yang merupakan LMS (learning management system) di SMP Budi Cendekia Islamic School. Adapun pengawasan dilakukan oleh guru pengawas melalui Google Meet di ruang ujian masing-masing kelas, guna memantau pelaksanaan ujian. Alhamdulillah, secara keseluruhan kegiatan ini berjalan dengan baik, dan semoga demikian pula dengan hasil yang diraih oleh para siswa, ya. Aamiin.