PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK)

SMP BCI 2022

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah bagian dari proses penilaian kualitas sistem pendidikan (sekolah, madrasah, dan program sederajat di pendidikan dasar dan menengah). ANBK resmi digunakan sebagai alternatif pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Meski begitu, ANBK tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi hasil belajar siswa secara individual, melainkan menggantikan peran UN sebagai sumber informasi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. 

Tahun ini ANBK SMP BCI dilaksanakan pada 19 dan 20 September 2022. Siswa SMP BCI mengerjakan tiga instrumen Asesmen Nasional, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Waktu pelaksanaan dimulai dari pukul 07.30 – 09.40 WIB, hari pertama siswa mengerjakan jenis asesmen literari dan survey karakter, sedangkan pada hari kedua siswa mengerjakan asesmen numerasi dan survey lingkungan belajar.

Menurut Wakil Kepala Sekolah SMP BCI, Sugestiana mengatakan bahawa ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah. Mutu sekolah dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim sekolah yang mendukung pembelajaran.

“Seluruh siswa SMP BCI sudah mendapatkan pembekalan dan pelatihan atau simulasi sebelumnya sehingga diharapkan seluruh siswa dapat mengerjakan soal ANBK dengan maksimal.” jelas Sugestiana.

Hani selaku Proktor kegiatan ANBK menerangkan bahwa siswa yang mengikuti ANBK kali ini  dipilih secara acak sebanyak 45 siswa dengan cadangan 5 siswa yang mewakili kelas VIII di SMP Budi Cendekia Islamic School. Dimana terbagi menjadi 2 ruang CBT sehingga masing – masing ruangan berjumlah 20 – 25 siswa.

“siswa yang mengikuti kegiatan ANBK kelas VIII di SMP BCI ini, Namanya diambil secara random by sistem. Serta pelaksanaan ANBK dilakukan secara semi – online” tambah Hani.

Kegiatan ANBK 2022 berjalan dengan lancar. Diharapkan hasil dari ANBK yang diikuti oleh siswa SMP BCI ini dapat memperoleh hasil yang maksimal.

PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) SMP BCI 2022